Mengenal Mesin Bubut dan Cara Kerjanya (Spesifikasi Merk HT-5NH & Lathe CQ)

Mesin bubut merupakan mesin yang digunakan untuk mengubah bentuk benda. Mesin bubut ada yang dibuat untuk mengubah bentuk objek bahan kayu, dan ada yang dibuat untuk mengubah bentuk benda berbahan dasar baja. Mesin ini dibuat untuk mampu membuat benda kayu atau perkakas dalam jumlah besar. Mesin bubut yang akan dibahas adalah mesin bubut baja. Mesin bubut memodifikasi bentuk benda dengan menghilangkan bagian tertentu. Benda yang dihasilkan dari mesin ini nantinya berbentuk silinder. Bentuk silinder dapat diperoleh dari bentuk lainnya dengan proses rotasi dan pemahatan.

Dalam sejarahnya, mesin bubut sudah ada pada abad 19 untuk proses produksi sekrup di Inggris. Penemunya adalah Henry Maudslay yang kemudian mendesain dan membuat mesin bubut yang disebut sebagai screw cutting lathe. Mesin bubut kemudian digunakan industri perang untuk membuat alat-alat perang.

Cara kerja mesin Bubut

Bubut merupakan proses pemakanan benda kerja yang sayatannya dilakukan dengan cara memutar benda kerja kemudian dipahat yang digerakkan secara translasi sejajar dengan sumbu putar dari benda kerja. Gerakan putar dari benda kerja disebut gerak potong relatif dan gerakkan translasi dari pahat disebut gerak umpan.

Mengenal Mesin Bubut dan Cara Kerjanya

Dengan mengatur perbandingan kecepatan rotasi benda kerja dan kecepatan translasi pahat, akan diperoleh berbagai macam ulir dengan ukuran kisar yang berbeda. Hal ini dapat dilakukan dengan menukar roda gigi translasi yang menghubungkan poros spindel dengan poros ulir.Roda gigi penukar disediakan secara khusus untuk memenuhi keperluan pembuatan ulir. Jumlah gigi pada masing-masing roda gigi penukar bervariasi besarnya mulai dari jumlah 15 sampai dengan jumlah gigi maksimum 127. Roda gigi penukar dengan jumlah 127 mempunyai kekhususan karena digunakan untuk konversi dari ulir metrik ke ulir inci.

Poros spindel akan memutar benda kerja melalui piringan pembawa sehingga memutar roda gigi pada poros spindel. Melalui roda gigi penghubung, putaran akan dibawa ke roda gigi poros ulir. Oleh klem berulir, putaran poros ulir tersebut diubah menjadi gerak translasi pada eretan yang membawa pahat. Akibatnya pada benda kerja akan terjadi sayatan yang berbentuk ulir.

Dua merk Mesin Bubut

1. Mesin Bubut HT-5NH

Mesin Bubut HT-5NH

Mesin bubut merk ini berasal dari Taiwan. Disebut bahwa mesin ini sudah diproduksi pada tahun 1987. Mesin bubut ini memiliki kelebihan dibanding yang lainnya. Seperti, body mesin lebih kuat dan kokoh. Selain itu, bagian bed mesin tersebut sudah open bed artinya meja bisa dibuka sehingga dapat digunakan untuk pengerjaan benda kerja yang lebih besar.

Spesifikasi mesin bubut HT-5NH adalah sebagai berikut :

– Dimensi mesin p x l x t = 170 x 50 x 120 cm

– Ukuran Clow = 8 inch

– Panjang Bed = 1 meter

– Motor Dinamo Listrik = 3 HP 3 Phase

2. Mesin Bubut Lathe CQ

Spesifikasi mesin bubut Lathe CQ adalah sebagai berikut :

– Swing over bed 300 mm

– Swing over gap 430 mm

– Swing over cross slide 178 mm

– Distance between centers 1000 mm

– Power Motor 1.5 Hp

– Berat mesin 480 kg

Saat ini mesin bubut Lathe CQ masih tersedia dengan kondisi baru dengan harga jual sekitar 49 juta. Untuk jenis-jenis mesin lainnya masih tersedia di website JualanMesin.com.


Untuk Informasi & Pemesanan Mesin Industri Bekas & Baru Hubungi:

Telp/SMS : 0821-3796-1151

WA : 0882-1627-9660

BBM : KO-12-TE-12

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *